Nurhayati. TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA DALAM BELAJAR. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Kata kunci: kecemasan dalam belajar, teknik desensitisasi sistematis kecemasan dalam belajar merupakan situasi yang tidak menyenangkan sebagai akibat dari ketidakmampuan siswa dalam mengatasi tuntutan belajar di sekolah maupun di luar sekolah. banyak tindakan yang bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan dalam belajar, salah satunya yaitu dengan teknik desensitisasi sistematis. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kecemasan belajar siswa sebelum diberikan teknik desensitisasi sistematis dan tingkat kecemasan belajar siswa setelah diberikan teknik desensitisasi sistematis. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii (delapan) smpn 6 banda aceh tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 197 siswa, yang dijadikan sampel sebanyak 15 siswa yang mengalami kecemasan belajar tinggi. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen menggunakan rancangan one group pretes-posttest

Baca Juga : PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR (Rizky Amalia, 2016) ,

Baca Juga : HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Desy, 2015) ,

ign. alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan 1-4 pilihan jawaban (sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah) untuk mengetahui tingkat skor kecemasan siswa dalam belajar. eksperimen dilakukan oleh peneliti sendiri selama 9 kali pertemuan, tiap pertemuan 30-40 menit. teknik analisis data yang digunakan adalah statistik paired sample uji z melalui program spss dengan hasil yang di dapat adalah 3.87 dengan harga kritik 1.96. hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai pretest ? postest yaitu (65.67 ? 41.07) dengan nilai signifikansi adalah 0.001 maka ho ditolak dan ha diterima. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan atau perubahan rata-rata tingkat skor kecemasan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik desensitisasi sistematis. berarti hasil uji hipotesis ini berhasil dan sesuai menurut teori yang menyatakan bahwa teknik desensitisasi sistematis tepat diberikan untuk membantu siswa mengurangi kecemasan dalam

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Rizka Machrina Putri, 2014) ,

KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rinna Nurhaina, 2019) ,

TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Lidya Marissa, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi