NURHAYATI. MANFAAT PENGGUNAAN INTERNET OLEH GURU EKONOMI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PADA SMAN DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: manfaat, internet, guru ekonomi, sumber pembelajaran penelitian yang berjudul “manfaat penggunaan internet oleh guru ekonomi sebagai sumber pembelajaran pada sman di kabupaten aceh barat daya” karena, dalam era perkembangan sekarang, internet adalah suatu media yang dipersyaratkan dala suatu kegiatan pembelajaran antara guru dengan siswa. penelitian ini mengangkat masalah mengenai penyebab belum diterapkannya internet, manfaat penggunaan internet dan kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan penggunaan internet sebagai sumber pembelajaran pada sman di kabupaten aceh barat daya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab belum diterapkannya internet sebagai sumber pembelajaran, untuk mengetahui manfaat penggunaan internet sebagai sumber pembelajaran dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan penggunaan internet sebagai sumber pembelajaran pada sman di kabupaten aceh barat daya. populasi dalam penelitian ini adalah

Baca Juga : KENDALA GURU FISIKA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMAN SE-KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Dekla Rezki Putri, 2019) ,

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA (Maya Audina, 2017) ,

uh guru ekonomi dari sman di kabupaten aceh barat daya yang berjumlah 21 orang dan sampelnya adalah sampel total (total sample). metode yang digunakan metode deskriptif naturalistik dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi dan dokumentasi. pengolahan data menggunakan analisis kualitati dan rumus persentase. berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) penyebab belum diterapkannya internet sebagai sumber pembelajaran adalah koneksi jaringan internet, penyediaan perangkat, tenaga ahli, pelatihan, dan dana it dari pemerintah yang kurang baik di sekolah, sehingga berdampak buruk juga terhadap pemahaman guru terhadap komputer dan internet, penyediaan buku penunjang it, dukungan kepala sekolah, dan dukungan dari dinas pendidikan yang telah lebih baik di sekolah. (2) manfaat penggunaan internet bagi siswa adalah lebih memudahkan dalam memahami pelajaran, tidak mengurangi keseriusan dalam belajar, tidak membuat siswa membuka situs yang tidak dibenarkan selama proses pembelajaran, membuat siswa lebih terbuka, dapat menjadikan siswa lebih mengerti it, dapat meningkatkan minat belajar siswa, dapat lebih membantu siswa belajar secara mandiri dan dapat menjadikan siswa lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. manfaat bagi guru adalah memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan dapat lebih memperluas wawasan guru. (3) kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan penggunaan internet sebagai sumber pembelajaran adalah kurangnya perangkat it, koneksi internet, tenaga ahli it, pelatihan it dan dukungan dana it dari pemerintah untuk sekolah. kekurangan ini sangat mempersulit guru dalam memanfaatkan penggunaan internet sebagai sumber

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA (Miranda Pertiwi, 2021) ,

EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM ZONASI DALAM MEMENUHI HAK-HAK WARGA NEGARA DI SMA SE-KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (YOHANA ELVIZA, 2021) ,

PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMAN I MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Farmila Wati, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi