Rosalina. KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 18 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe think pair share, pemecahan masalah matematika salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah adalah mengarahkan siswa untuk mampu memecahkan masalah. pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaian masalah tersebut, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang tidak rutin. namun kenyataannya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah masih rendah. upaya guru membantu siswa melakukan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe tps dan pembelajaran konvensional. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan true experiment

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 18 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (Rosalina, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Padliadi, 2015) ,

research. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 18 banda aceh, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas viii-1 yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas viii-3 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika. analisis data tes menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05. hasil penelitian di dapat nilai thitung>ttabel atau 4,44>1,68. kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Varadilla, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi