Muhammad Taib. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI NILAI MATA UANG MELALUI TIPE PICTURE AND PICTURE DI SMPN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. model pembelajarn tipe picture and picture akan melibatkan siswa berperan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran melalui tipe picture and pictue, (2) hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajarran ekonomi melalui tipe picture and picture materi nilai mata uang, dan (3) respon siswa setelah diajarkan dengan menggunakan tipe picture and picture. penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas ix-1 smp negeri 1 simpang tiga sebanyak 25 siswa. teknik pengumpulan data yaitu dengan: mengadakan observasi terhadap kemampuan guru dan aktivitas siswa, pemberian tes hasil belajar dan pembagian angket untuk

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI APRESIASI TARI TRADISIONAL DAERAH SETEMPAT DI SMPN 5 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Isnaniah, 2014) ,

ahui respon siswa terehadap model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. data yang diperoleh dianalasis dengan menggunakan rumus persentase dan rata-rata. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan guru pada siklus i dikategorikan baik yaitu sebanyak 4,43, untuk siklus ii juga berada pada kategori baik yaitu sebesar 4,81, sedangkan untuk aktifitas siswa pada siklus i sebesar 2,76 dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus ii terjadi peningkatan dengan kategori baik yaitu sebesar 4,38. (2)hasil belajar siswa kelas ix-1 smp negeri 1 simpang tiga setelah diterapkan tipe picture and picture terlihat adanya peningkatan. dimana pada tes awal hanya 52% dengan nilai rata-rata 49,61, sedangkan pada siklus i, jumlah ketuntasan siswa mencapai 64% dengan nilai rata-rata 60,26 dan pada siklus ii jumlah siswa yang mengalami ketuntasan mencapai 92% dengan nilai rata-rata 77,84. 3) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture ini menunjukkan respon yang positif. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi nilai mata uang di smp negeri 1 simpang tiga kabupaten pidie sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam kegiatan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Nurmala, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR RAGAM HIAS DI KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH (Srimani KS, 2015) ,

THE USE OF PICTURE SERIES IN SPEAKING SKILL (A DESCRIPTIVE QUALLITATIVE STUDY AT SECOND YEAR STUDENTS OF SMPN 15 BANDA ACEH) (Rachmawati, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi