Runanda. UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA RNANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PAUD KARRA WARRA RNACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci, media dan gambar penelitian yang berjudul “upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca anak melalui media gambar pada paud karra warra aceh besar” mengangkat masalah bagaimana peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan media gambar?. bagaimana keterampilan guru dan respon anak dalam kemampuan membaca melalui media gambar pada paud karra warra aceh besar?. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan aktivitas membaca anak dengan menggunakan media gambar. keterampilan guru dan respon anak tentang kemampuan membaca melalui media gambar. subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok b paud karrawarra aceh besar berjumlah 25 orang terdiri atas laki-laki 14 dan 11 perempuan. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam 2 siklus. pada

Baca Juga : PENGENALAN MINAT MEMBACA PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK KANAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TK-PAUD) MUTIARA HATI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SIMEULUE (Salmawati, 2013) ,

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fatmazahratun Nuraini, 2016) ,

ap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak pada siklus i berkembang sangat baik sebanyak 4 orang (16%). pa da siklus ii kemampuan membaca anak berkembang sangat baik sebanyak 12 orang (48%). demikian pula keaktifan anak pada siklus i sebanyak 17 orang aktif dalam pembelajaran (68%). pada siklus ii sebanyak 24 orang aktif dalam pembelajaran (96%). keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan media gambar semakin terampil dalam mengatur waktu pembelajaran. dengan meningkatnya keaktifan anak menunjukkan bahwa anak merespon dengan baik kemampuan membaca dengan media gambar. disimpulkan bahwa anak telah berkembang sesuai harapan dalam membaca anak dengan menggunakan media gambar pada kelompok b paud karra warra. disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian yang sejenis di tempat lain dengan menggunakan media

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF ALPHABET PADA PAUD ALFITRAH KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Harlinda, 2015) ,

PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Susi Susanti, 2018) ,

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Nurul fuaida, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi