Ida Nursanty. PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Operasi pecahan merupakan salah satu materi pokok dalam matematika. rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, apalagi konsep materi operasi pecahan bukanlah materi hafalan, dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam memahami dan mencapai ketuntasan materi selanjutnya. salah satu pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun sendiri pemahamannya adalah pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning. inilah alasan penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada operasi pecahan di kelas vii smp negeri 3 banda aceh”. permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan di kelas vii smp negeri 3 banda aceh. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-3 smp negeri 3 banda aceh sebanyak 34 siswa. ketercapaian penerapan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMI WINDAYANI, 2013) ,

katan contextual teaching and learning didasarkan pada tes hasil belajar, soal yang diberikan berbentuk essay. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan rancangan penelitian one shot case study. ketuntasan belajar secara klasikal pada materi operasi pecahan dengan pendekatan contextual teaching and learning berdasarkan kkm yang ditetapkan sekolah smp negeri 3 banda aceh adalah sebanyak 28 siswa (82,35%), dengan rata-rata 76,79. sedangkan hasil pengolahan data dengan menggunakan statistik uji-t, diperoleh nilai thitung = 4,30 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5%. ini menunjukkan thitung berada pada daerah penolakan h0 dan terima h1. dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan: “melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas vii di smp negeri 3 banda aceh dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014) ,

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013) ,

APPLYING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHOD IN TEACHING WRITIN G FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Soraya, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi