Irwan Saputra. PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA RNPADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI RNKELAS X SMA FAJAR HIDAYAH RNACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak katakunci :metode co-op co-op,hasil belajar, geografi metode co-op co-op bukanlah tujuan dari kegiatan pembelajaran, tetapi merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. metode co-op co-op memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar minat dan motivasi sementara siswa sebagai peserta belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode co-op co-op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x sma fajar hidayah aceh besar, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar mencerminkan keterlaksanaan pembelajaran metode pembelajaran co-op co-op, untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran co-op co-op terhadap siswa kelas x sma fajar hidayah aceh besar, untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran co-op co-op.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019) ,

k penelitian ini adalah siswa kelas x sma fajar hidayah aceh besar yang berjumlah 23 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran co-op co-op. pengumpulan data dilakukan dengan test hasil belajar siswa, lembar aktivitas guru dan siswa, lembar keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. teknik pengolahan data menggunakan rumus statistik deskriptif, p=f/nx100%. hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan metode pembelajaran co-op co-op. hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. pada siklus i secara klasikal telah tuntas 80% dari 10 soal ada 8 soal yang telah mencapai ketuntasan. secara individual tuntas sebesar 78% atau dari 23 siswa, hanya 5 orang siswa yang tidak tuntas. pada siklus ii secara klasikal sudah tuntas sebesar 90% dari 10 soal tes hanya 1 soal yang belum tuntas. secara individual tuntas sebesar 91% atau dari 26 siswa hanya 2 siswa yang belum tuntas.dapat disimpulkan bahwa pembelajarn metode co-op co-oppada materi atmosfer dapat meningkatkan hasil belajar

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE TEACHIG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH (Elviyana, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi