nurmahalis. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Abstrak kata kunci: kooperatif, prestasi, dan index card match skripsi ini berjudul “ pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dalam mata pelajaran sejarah kelas x di sman 1 kota sabang”. model pembelajaran index card match ini menjadi salah satu alternatife dalam proses pembelajaran. melihat kondisi yang terdapat di sman 1 kota sabang yang mana minat belajar siswa masih kurang aktif, sehingga penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model index card match. permasalahan yang terdapat dalam penulisan skripsi ini adalah : apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran sejarah di sman 1 kota sabang. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas x di sman 1 kota sabang. populasi penelitian

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019) ,

ni adalah seluruh siswa sman 1 kota sabang kelas x, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas x3 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas x4 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. pemilihan sampel dilakukan sesuai dengan kebutuhan. cara pengambilan nilai dilakukan dengan cara pemberian tes. data yang diperoleh kemudian di olah melalui metode kuantitatif dengan menggunakan statistic yang sesuai yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan analisi uji – t. sehingga pada pengujian hipotesis yang menentukan signifikasi korelasi ataupun hubungan antara variabel bebas (x) dan variabel terikat (y) dalam penelitian ini diperoleh bahwa diperoleh t = 0,98 dan t = 30,50, dengan peluang 1- ? ) adalah 1,68 sehingga diperoleh t > t , maka h diterima. dengan demikian data menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sman 1 kota sabang pada mata pelajaran

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi