Aiya Maghfirah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNPADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 2 RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : pembelajaran kooperatif, tipe stad, materi segi empat penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi segi empat di kelas vii smpn 2 banda aceh tahun ajaran 2012/2013” . kegiatan belajar bersama membantu untuk belajar aktif. kegiatan belajar dan mengajar di kelas dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil (5 orang siswa) akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. sedangkanpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yang di capai dengan menggunakan tipe stad. subjek penelitian ini adalah siswa kelas vii smpn 2

Baca Juga : PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015) ,

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO (Lailatul Qadrina, 2016) ,

da aceh tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 23 orang siswa. teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk uraian, observasi aktifitas siswa dan angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan tipe stad pada materi segi empat. hasil analisis data menemukan hasil belajar siswa materi segi empat menggunakan tipe stad pada pertemuan i sampai dengan pertemuan iii, yaitu pertemuan pertama adalah 43% ,pertemuan kedua adalah 57%. sedangkan pertemuan ketiga adalah 96% sudah mencapai ketuntasan belajar dengan katagori sangat baik . hasil aktifitas siswa dengan pembelajaran tipe stad pertemuan pertama katagori kurang aktif, pertemuan kedua katagori cukup aktif dan pertemuan ketiga katagori aktif. hasil respon siswa pertemuan pertama, dua dan tiga sudah mencapai dari setiap aspek dengan kriteria efektif terhadap pembelajaran dengan tipe stad pada materi segi empat siswa smpn 2 banda aceh. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa kelas vii smp serta model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Fauzi, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017) ,

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi