AZHARI. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEPRNDAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWARNPADA KONSEP SISTEM REPRODUKSIRN MANUSIA DI SMA NEGERI 2 SIGLI. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Azhari. penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pengguasaan konsep dan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia di sma negeri 2 sigli. tesis. pembimbing i. dr. cut nurmaliah, m.pd, pembimbing ii. dr. rini safitri, msc. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada sistem reproduksi manusia.; (2) penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia; (3) tanggapan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. penelitian ini dilakukan di sma negeri 2 sigli dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the one group pre-test and pos-test.. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi semester ganjil pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 orang. sampel diambil siswa kelas xi-b yang berjumlah 30 orang. analisis data

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI (ROSDIANI, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016) ,

kukan dengan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang signifikan (p>0,05) dengan nilai thiting= 17,74 > ttabel =2,045 antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah, (2) terdapat perbedaan skor keterampilan metakognitif siswa yang signifikan (p>0,05) dengan nilai thiting= 16,76 > ttabel =2,045 antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah; (3) 89%,siswa mengemukakan pandangan yang baik terhadap pembelajaran berbasis masalah pada konsep reproduksi manusia. dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada konsep sistem reproduksi manusia , (2) penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia, (3) hampir seluruh siswa berpandangan model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran baru yang dapat membuat mereka tertarik untuk mempelajari konsep sistam reproduksi manusia. kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, penguasaan konsep siswa, keterampilan metakognitif siswa, sistem reproduksi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016) ,

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi