RAHMI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak rahmi : penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi dunia tumbuhan. telah dilakukan penelitian tentang “penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi dunia tumbuhan”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep, peningkatan kemampuan berpikir kreatif, kemampuan menyusun peta konsep siswa. penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penguasaan konsep, kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menyusun peta konsep, serta sikap siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah yang dilaksanakan di sma negeri i peusangan kabupaten bireuen. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan “random, pretest, posttest control group design”teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes dan kemampuan

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016) ,

Baca Juga : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016) ,

nyusun peta konsep siswa, dengan instrumen berupa soal tes objektif bentuk pilihan ganda dan peta konsep standar. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dan uji regresi. hasil penelitian menemukan bahwa: (1) penguasaan konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) kemampuan menyusun peta konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (4) penguasaan konsep siswa berpengaruh kuat terhadap kemampuan menyusun peta konsep melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (5) kemampuan berpikir kreatif siswa berpengaruh yang sedang terhadap kemampuan menyusun peta konsep melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan pembelajaran konvensional. (6) siswa sangat antusias dan memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. kata kunci: pbm, penguasaan konsep, berpikir kreatif, kemampuan menyusun peta

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERBANDINGANRNSISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Irsyadiyati, 2015) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020) ,

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi