ANWAR AR. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Anwar ar. penerapan pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep sistem peredaran darah di sma negeri 2 peusangan. tesis, pembimbing i. dr. samingan, m.si, pembimbing ii, dr.khairil, m.si. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum (2) peningkatan kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dibandingkan pembelajaran konvensional. pengambilan data dilakukan di sma negeri 2 peusangan pada tanggal 19 agustus sampai dengan 16 september 2013. metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi ipa yang berjumlah 127 orang. instrumen yang digunakan adalah tes untuk menilai hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI (ROSDIANI, 2015) ,

Baca Juga : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAWE SIGALAGALA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (MUZAKKIR, 2013) ,

kemampuan kerja ilmiah siwa berupa lembar observasi. analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05. hasil uji-t menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan (p>0,05) antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat peningkatan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajaran konvensional. kesimpulan penelitian ini adalah (1) pembelajaran berbasis praktikum pada konsep sistem peredaran darah dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) skor kemampuan kerja ilmiah siswa dengan pembelajaran berbasis praktikum lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. kata kunci: metode praktikum, hasil belajar, kerja ilmiah siswa, sistem peredaran

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIARNTERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Fatimah, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi