Muhammad Yassir. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI MTSN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak muhammad yassir: penerapan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas vii mtsn kuta baro kabupaten aceh besar. tesis dibawah bimbingan dr. m. ali, s. m. si pembimbing i. dr. cut nurmaliah, m.pd pembimbing ii tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw; (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw. penelitian ini dilakukan di mtsn kuta baro, aceh besar. metode penelitian adalah metode eksperimental semu. pengumpulan data awal dengan pretes, data kemampuan akhir siswa dengan postes, dan data aktifitas belajar siswa diukur dengan lembar observasi aktifitas siswa. teknik analisis data hasil belajar kognitif

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO (Lailatul Qadrina, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014) ,

akukan dengan pengujian n gain dan aktifitas belajar siswa dianalisis dengan persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan kategori rendah 30%, sedang 70 % dan pembelajaran konvensional dengan kategori rendah 57%, sedang 42%. aktivitas belajar pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan rata-rata 85, 81 sedangkan pada kelas konvensional rata-rata 78,15. kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) skor rata-rata aktivitas belajar siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan skor pembelajaran konvensional. kata kunci: kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar kognitif, aktifitas belajar siswa, pencemaran dan kerusakan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (wirda hasanah, 2013) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MTSN KUTA BARO KAB. ACEH BESAR (mulyana, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi