Husnul Khatimah. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO DAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, the power of two, think pair share model pembelajaran kooperatif the power of two dan think pair share memiliki kesamaan dalam pelaksanaan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menginterpretasikan ide dan memahami materi. perbedaan antara kedua model tersebut adalah pada proses pengelompokan siswa. pada model pembelajaran the power of two siswa dikelompokkan secara heterogen dengan memperhatikan kemampuan masing-masing siswa agar saling melengkapi. pada model pembelajaran think pair share siswa dikelompokkan secara acak tanpa memperhatikan kemampuan masing-masing siswa. masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif the power of two lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran model think pair share pada materi hubungan sosial. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar ips terpadu antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN THINK TALK WRITE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 3 MONTASIK (ALFATHAL DINA, 2019) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018) ,

eratif the power of two lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran model think pair share. populasi penelitian ini adalah siswa kelas viii smp negeri 11 banda aceh yang berjumlah 83 siswa. penentuan sampel dilakukan secara random yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 2 kelas. kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran the power of two dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran think pair share. teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan uji-t. hasil penghitungan diperoleh thitung = -0,22 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = n1 + n2 2 = 14 + 12 2 = 24 adalah 1,71, jadi thitung < ttabel , maka h0 diterima dan akibatnya ha ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ips terpadu dengan menggunakan model pembelajaran tipe the power of two sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe think pair

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA (YUSRAINI, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi