Salmawati. PENGENALAN MINAT MEMBACA PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TAMAN KANAK KANAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TK-PAUD) MUTIARA HATI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SIMEULUE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci: minat membaca, media gambar, tk-paud penelitian ini membahas tentang: pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar di taman kanak kanak pendidikan anak usia dini (tk-paud) mutiara hati sanggar kegiatan belajar (skb) kabupaten simeulue. rumusan masalah: (1) bagaimana pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, (2) apa hambatan yang dialami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, dan (3) strategi apa saja yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud. penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, (2) untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud, (3) untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak

Baca Juga : PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK CINTA ANANDA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (CUT RICHA RIZRIANA, 2019) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI DI TK BAITUSSHALIHIN KECAMATAN ULEE KARENG (Ratna Juita, 2021) ,

ngan menggunakan media gambar pada tk-paud. pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif untuk menentukan variabel yang akan diteliti. subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang guru dan anak pada tk-paud. untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara. analisis datanya secara kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud sudah sangat bagus, (2) hambatan yang dialami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah guru yang kurang menguasai metode dan strategi mengajar dan anak-anak yang lebih senang bermain dari pada belajar, dan (3) strategi yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah dengan menggunakan media gambar. hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud sudah sangat bagus, (2) hambatan yang di alami guru dalam upaya pengenalan minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah guru yang kurang menguasai metode dan strategi mengajar, juga anak-anak yang sudah terbiasa dengan bermain menjadi bosan dengan belajar membaca, dan (3) strategi yang dilakukan guru untuk menarik minat membaca pada anak dengan menggunakan media gambar pada tk-paud adalah dengan menggunakan media gambar, terutama gambar yang berwarna untuk menarik minat anak agar mau membaca. saran: (1) kepada sekolah dan pemerintah diharapkan agar dapat melengkapi fasilitas belajar mengajar dan (2) kepada guru diharapkan agar dapat terus meningkatkan kompetensinya.

Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI TK MAWADDAH WARAHMAH ACEH BESAR (RIKA ROSDIANTI, 2020) ,

PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018) ,

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi