Eriawati. APLIKASI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM DI MAN RUKOH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Eriawati, 2013. aplikasi keterampilan metakognitif dalam pembelajaran ekosistem di man rukoh abstraks penelitian ini berjudul aplikasi keterampilan metakognitif dalam pembelajaran ekosistem di man rukoh, pada hakekatnya penelitian ini tentang keterampilan metakognitif pada siswa di man rukoh, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas x man rukoh serta untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa kelas x man rukoh. metode yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan jumlah sampel 23 orang siswa. rata-rata hasil belajar siswa setelah proses belajar mengajar (pbm) 71, rata-rata keterampilan metakognitif siswa adalah 27. analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar adalah uji korelasi product moment pada taraf signifikan 0,05. korelasi antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif diperoleh

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (MUHAMMAD RIFQI, 2019) ,

Baca Juga : PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021) ,

ung = 0.669, sedangkan rtabel = 0,413, dimana r hitung lebih besar dari pada r tabel yang berarti ha diterima sedangkan ho ditolak. hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar diperoleh 0,669 yang berarti memiliki hubungan yang cukup diantara kedua variabel tersebut. simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan metakognitif berhubungan dengan hasil belajar kognitif siswa dan terdapat korelasi positif yang signifikan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa kelas x man rukoh, artinya semakin tinggi keterampilan metakognitif semakin tinggi pula hasil belajar kognitif siswa, dengan besarnya koefisien korelasinya adalah 0.669. kata kunci : aplikasi, keterampilan metakognitif, pembelajaran ekosistem eriawati, 2013. the application of metacognitive skills in learning ecosystem at man rukoh abstract this research is entittled “the application of metacoginitive skills in learning ecosytem at man rukoh.” this study is aiming at knowing the influence between metacognitive skills toward the students’ cognitive achievement at grade x of man rukoh. besides, the researcher also tried to find out the relationship between metacognitive skills and the cognitive achievement of students grade x man rukoh. the method used was pre-experimental. there were 23 students taken as the sample of this study. the average result of students’ cognitive achievement was 71. meanwhile, the average of students’ metacognitive skills was 2,7. the data got from the relationship between metacognitive skills and the cognitive achievement of students were analyzed by using product moment correlation test at significance level of 0.05. the correlation between metacognitive skills and cognitive achievement obtained was rcounting = 0.669, while rtablel = 0.413 (rcounting > rtable ). it means ha was accepted and ho was rejected. the relationship between metacognitive skills and the learning outcomes obtained was 0.669 which means having a sufficient relationship between the two variables. in conclusion, metacognitive skills were related to cognitive achievement of students and there was a significant positive correlation between metacognitive skills and students’ cognitive achievement grade x of man rukoh. in other words, when metacognitive skills is higher, the cognitive achievement of students is also higher. keywords: application, metacognitive skills, learning

Tulisan yang relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEPRNDAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWARNPADA KONSEP SISTEM REPRODUKSIRN MANUSIA DI SMA NEGERI 2 SIGLI (AZHARI, 2015) ,

PENGARUH PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION (PMII) TIPE CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF EKOSISTEM DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAYA BAKONG (Yursal, 2016) ,

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi