Nanda Tarisa Elwi. PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA(SUATU STUDY : DI SMAN 1 DARUSSALAM). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Pabstrak kata kunci: lingkungan sekolah,motivasi belajar siswa penelitian ini berjudul “persepsi siswa terhadap lingkungan sekolah dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di sman 1 darussalam”. adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap lingkungan sekolah di sman 1 darussalam, motivasi belajar siswa sman 1 darussalam, pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di sman 1 darussalam. penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sma negeri 1 darussalam yang berjumlah 85 siswa dan yang menjadi sampel adalah 50 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (secara acak). pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan kuesioner yang dibagikan kepada siswa, tehnik pengolahan data dengan menggunakan regresi linier sederhana, untuk pengujian hipotesis digunakan uji f

Baca Juga : PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BARISAN DAN DERET SISWA KELAS X SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Nurul Husna, 2015) ,

Baca Juga : ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016) ,

dan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di sma negeri 1 darussalam , hal ini ditunjukkan oleh persamaan y = 16,199 + 0,553x, atau dapat dilihat dari hasil pengujian regresi linear sederhana, menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar yaitu sebesar 0,553x. pengujian koefisien determinasi (r^2)sebesar 0,596% dapat diartikan 59,6% motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan sekolah. untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji f danuji t. untuk uji f hasil pengolahan data memperlihatkan nilaif_hitungsebesar 70,875. nilaif_tabel pada tingkat keyakinan 95% menunjukkan angka sebesar 2,807.karena nilaif_hitung>f_tabel( 70,875> 2,807) maka hipotesis ha diterima, sebaliknya hipotesis ho ditolak, dan untuk uji t dengan membandingkan nilait_hitung dan nilai t_tabel, dapat diketahui nilai t_hitunglingkungan sekolah sebesar 8,419. bila dibandingkan dengan nilait_tabel sebesar 2,0106. dengan demikian nilait_hitung>t_tabelmaka secara persial lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (INTAN ZAHARA, 2018) ,

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SLTA DI KECAMATAN TRIENGGADENG (SISKA YANI, 2017) ,

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi