Nurhamidah. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DI MTSN RUKOH BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : quantum learning, hasil belajar model pembelajaran quantum learning merupakan model pembelajaran yang membiasakan belajar menyenangkan, mengizinkan pendidik untuk memahami perbedaan gaya pembelajaran para siswa di dalam kelas. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada materi cahaya melalui model quantum learning di kelas viii mtsn rukoh banda aceh. adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii mtsn rukoh kota banda aceh sebanyak 219 orang. sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. kelas viii_2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 39 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran quantum learning dan kelas viii_3 sebagai kelas kontrol berjumlah 39 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre-test dan post-test. analisis yang

Baca Juga : PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) ,

digunakan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan analisis uji t-test. sebelum dilaksanakan analisis data terlebih dahulu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas. dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan metode quantum learning pre-test = 36,833; sd 11,5 dan post-test = 75,23 ; sd = 10,388, sedangkan dengan metode pembelajaran konvensional pre-test = 37,038 ; sd = 12,056 dan post-test = 60,602 sd = 10,523. untuk harga t_(tabel ) dengan ? = 0,05 dan dk 76 diperoleh 2,000. karena pengujian hipotesis dalam tabel penelitian ini menggunakan uji t diketahui t_(hitung )= 6,15 sehingga t_(hitung )> t_(tabel ), maka hipotesis diterima. hal ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas viii pada materi cahaya di mtsn rukoh kota banda aceh.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi