Sriyanti. EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD MARKET DALAM UPAYA MENIGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MULOK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kunci : efektivitas,field market, pembelajaran kooperatif (cooperative learning),dan prestasi belajar. penelitian ini berjudul " efektivitas penerapan metode pembelajaran field market dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mulok di sma negeri 3 banda aceh". salah satu di antara masalah besar dalam bidang pendidikan di indonesia yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar peserta didik. salah satu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk memecahkan masalah pelajaran dalam kelasnya secara profesional dan kolaboratif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : i. kemarnpuan guru mengelola pembelajaran field market pada mata pelajaran mulok. 2. efektivitas penerapan metode pembelajaran field market dalam meningkatkan

Baca Juga : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FIELD MARKET PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH ) (Jihan Zanjabila, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Fitria Mustika, 2021) ,

si belajar siswa. adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1, sma negeri 3 banda aceh yang berjumlah 32 orang. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskiptif kualitatif. data yang diperoleh dengan menggunakan pedoman observasi dan penelitian tindakan kelas. data hasil observasi dan penelitian tindakan kelas dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan skor rata-rata untuk mengetahui data tentang kemampuan guru mengelola metode pembelajaran field market, sedangkan untuk melihat tingkat kemampuan belajar siswa dianalisis dengan menggunakan tingkat penguasaan siswa. hasil menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran field market pada mata pelajaran mulok berkatagori baik dengan skor rata-rata 4,50 dan dari tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa cukup tinggi (87,28%) dan siswa sudah mencapai ketuntasan belajar 85% siswa dikelas sudah tuntas belajar.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATA PELAJARAN METODE DASAR MEMASAK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PENELITIAN PADA SISWA KELAS X BOGA'DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH) (Kaslaini Munthe, 2021) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VII-B SMPN 2 KUALASIMPANG (ERLINA WATI, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi