Yusna. PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

metode inquiri merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, sehingga dalam proses pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri,mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas guru dan siswa sma negeri 4 banda aceh dalam pembelajaran metode inquiri; (2) agaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri; (3) apakah metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sma negeri 4 banda aceh. dan (4) bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode inquiri. penelitian menerapkan metode inquiri ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran metode inquiri; (2)ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran (3) penerapan metode inguiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. dan (4) respon siswa terhadap penerapan motode

Baca Juga : HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Khalidah, 2021) ,

Baca Juga : PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MURID DI KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Imelda, 2014) ,

inquiri. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips 3 sma negeri 4 banda aceh yang berjumlah 31 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi)siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran metode inquiri, lembar pengamatan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran metode inquiri, dan angket respon siswa menggunakan metode inquiri. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian (1) persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang dominan muncul adalah meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain memberi tanggapan serta membimbing siswa berdiskusi dan aktivitas siswa yang dominan muncul adalah mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan menjawab pertanyaan dari kelompok lain serta berdiskusi dalam kelompok serta menemukan cara penyelesaiannya, (2) keterampilan guru dalam penerapan metode inquiri meningkat dari katagori baik,baik,dan baik sekali dan (3) persentase respon siswa baik terhadap penerapan metode inquiri 84% senang,42,6% baru ,87% berminat,95,5% jelas dengan bahasa yang digunakan, dan 97% siswa menyatakan bahwa metode inquiri memperjelas pemahaman siswa; dan (4) metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan individual meningkat dari 74%, 90% hingga siklus terakhir 97%, dan persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 50%, 80% hingga 90%. sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi biosfer dan sebaran hewan dan tumbuhan dengan menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan prestasi

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA 5 BANDA ACEH (Hadi Fansuri, 2021) ,

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Yuliana, 2021) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI YANG MENGGUNAKAN LKS DAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS XI IPS SMA NEGERI I3 BANDA ACEH (Puspita Annaba Kamil, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi