Syahrul Ridha. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA BANDA ACEH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kunci: model cooperative learning tipe jigsaw, prestasi belajar model pembelajaran cooperative learning merupakan salah saru model pembelajaran yang menitikberatkan pada belajar secara kelompok. salah satu tipe dari model cooperative learning adalah tipe jigsaw. jigsaw merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran melalui tim ahli guna mencapai prestasi yang maksimal. penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru dan siswa yang mencerminkan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw; (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw; (3) penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x-4 sma negeri 11 kota banda aceh yang

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN 2011-2012 (, 2013) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019) ,

berjumlah 32 siswi. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian diperoleh bahwa (1) aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, hal ini terlihat pada aktivitas guru dan siswa dalam membimbing dan berdiskusi di kelompok ahli, berdiskusi materi yang telah dibahas di kelompok ahli kepada kelompok asal, dan kelompok ahli mempresentasikan hasii diskusi di depan kelas; (2) kererampilan guru dajam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw meningkat dari kategori sedang dengan skor 2,3; baik 2,73; dan sangat baik 3,56; (3) persentase ketuntasan individual terjadi peningkatan dari siklus pertama 71,87 persen; siklus kedua 87,50 pertsen; dan sikjus ketiga 93,75 persen. persentase ketuntasan klasikal juga terjadi peningkatan dari siklus pertama 60 persen; kedua 70 persen; dan ketiga 90 persen; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw adalah 97 persen dari 32 siswa berpendapat bahwa belajar melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari yaitu materi atmosfer, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi atmosfer melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM POKOK BAHASAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I KEUMALA KABUPATEN PIDIE (M.Gade, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VII-B SMPN 2 KUALASIMPANG (ERLINA WATI, 2021) ,

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V11-A SMP NEGERI 1 PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (M. Husin, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi