Syazarwani. PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN DI KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci : proses berpikir konseptual, proses berpikir prosedural dan materi turunan fungsi aljabar. penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pengajaran disekolah lebih berorientasi pada pandangan bahwa matematika sebagai produk berpikir, dan kurang memberi perhatian serius pada proses berpikir itu sendiri, padahal siswa yang menjawab benar soal yang diberikan belum tentu memahami serta menggunakan konsep yang diharapkan dari soal. berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru dan siswa xi ipa man darussalam salah satu materi yang sulit dipahami adalah materi turunan. berdasarkan pengalaman lapangan dalam pembelajaran dikelas sering dimulai dari pemberian definisi atau konsep, memahami konsep dengan contoh-contoh kemudian dengan memecahkan persoalan matematika, sehingga siswa cenderung menghafal sebuah pola atau algoritma yang diajarkan guru. rumusan masalah untuk penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal turunan di kelas xi

Baca Juga : PROSES BERPIKIR SISWA SECARA KONSEPTUAL DAN SEKUENSIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI DI KELAS XII SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (Elvira Agustina, 2014) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Muhibbul Khairi, 2015) ,

a man darussalam. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal turunan. data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara yang didahului dengan tes. subjek penelitian ini adalah kelas xi ipa 3 man darussalam yang berjumlah 22 orang. dari hasil tes diduga 10 orang siswa (45.45%) yang memiliki proses berpikir konseptual dan 12 orang siswa(54.55%) yang memiliki proses berpikir prosedural. selanjutnya peneliti mengambil 4 orang untuk diwawancarai yaitu 2 diduga konseptual dan 2 prosedural. berdasarkan hasil analisis data bahwa 2 subjek (s09 dan s10 ) memiliki ciri-ciri proses berpikir konseptual dan dua subjek (s20 da s11) memiliki ciri-ciri proses berpikir prosedural.rata-rata subjek yang memiliki konseptual hasil tes yang didapat tinggi. sedangkan subjek yang prosedural hasil tes mereka

Tulisan yang relevan

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER II (GENAP) BUATAN GURU MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Agustina, 2014) ,

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI). (ORIZA HANUM, 2021) ,

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV DI MIN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nadia Ananda, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi