Hidayatullah. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASIS MEDIA POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: pendekatan kontekstual, media powerpoint, hasil belajar, ips geografi pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint merupakan pembelajaran yang menuntut guru dan siswa untuk mengaitkan materi yang dipelajari dengan lingkungan sekitar serta dibantu media powerpoint agar lebih menarik dan lebih mudah pahami. penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah penerapan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan penerapan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint; (4) respon siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-1 smpn 15 banda aceh yang berjumlah 16 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar

Baca Juga : PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASIS MEDIA POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Hidayatullah, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014) ,

amatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui penerapan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint. hasil penelitian menunjukan bahwa (1) persentase ketuntasan individual pada siklus i adalah 68,75 persen dan meningkat 87,50 persen pada siklus ii. begitu juga dengan ketuntasan klasikal yaitu pada siklus i, dari 10 soal yang diberikan hanya 6 soal tuntas (60 persen) dan meningkat menjadi 9 soal tuntas (90 persen) dari 10 soal pada siklus ii; (2) aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint dari siklus i ke siklus ii mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah aktivitas guru dan siswa aktivitas guru dan siswa yang dikatagorikan baik pada siklus ii; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 2,59 pada siklus i yang dikategorikan sedang, kemudian meningkat 3,35 pada siklus ii yang dikategorikan baik; (4) persentase respon siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual berbasis media powerpoint adalah 93,75 persen siswa mengatakan guru menggunakan cara baru dalam menyampaikan materi, 87,50 persen memahami materi pelajaran yang baru diikuti 81,25 persen mengatakan menarik mengenai model pembelajaran yang baru diikuti, 89,07 persen menjawab ya tentang komponen-komponen pembelajaran, dan 93,75 persen berminat untuk mengikuti pembelajaran dengan menerapan pendekatan kontekstual berbasis media

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACLLLNG AND LEARNING (CTL) DAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMPETENSI DASAR FLORA DAN FAUNA KELAS VIIL SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Desi Vebriyanti, 2021) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019) ,

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi