Darlina, A.Ma. PENGGUNAAN PENDEKATAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI VITAMIN C DI SD NEGERI 56 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kunci: upaya meningkatkan prestasi belajar ipa, pendekatan pakem, materi vitamin c. untuk menciptakan suatu proses pembelajaran yang bisa meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan dibahas. sementara itu materi vitamin c merupa.kan salah satu materi yang diajarkan pada pelajaran ipa di sd. meskipun materi vitamin c sudah diajarkan di sekolah. namun prestasi belajar siswa masih sangatlah kurang. maka untuk menanggulangi masalab. tersebut pendekatan pakem merupakan salah satu solusinya. oleh karena itu perlu mengadakan suatu penelitian yang berjudul "penggunaan pendekatan pakem untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas v pada materi vitamin c di sd negeri 56 banda aceh". penelitian mengangkat masalah apakah penggunaan pendekatan pakem dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas v sd negeri 56 banda aceh pada materi

Baca Juga : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PAKEM DI KELAS II SD NEGERI 20 BANDA ACEH (zatul husna, 2014) ,

Baca Juga : PENGGUNAAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI SEULIMEUM ACEH BESAR (putri balkis, 2013) ,

vitamin c? bagaimanakah aktifitas siswa dan guru kelas v sd negeri 56 banda aceh dalam pembelajaran vitamin c dengan penggunaan pendekatan pakem . tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetabui peningkatan prestasi belajar siswa kelas v sd negeri 56 banda aceh pada materi vitamin c dengan penggunaan pendekatan pakem, aktifitas siswa dan guru kelas v sd negeri 56 banda aceb dalam pembelajaran vitamin c dengan penggunaan pendekatan pakem. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vb sd negeri 56 banda aceh yang berjumlah 30 orang. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. data dikumpulkan dengan tes di akhir pembelajaran dan observasi ketika pembelajaran berlangsung. data basil belajar siswa dianalisis secara deskriptif sedangkan untuk aktifitas siswa dan guru dianalisis dengan rumus persentase. berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa penggunaan pendekatan pakem pada pembelajaran materi vitamin c di kelas v sd negeri 56 banda aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, penggunaan pendekatan pakem pada pembelajaran vitamin c di kelas v sd negeri 56 banda aceh juga dapat mengaktitkan siswa dan tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada materi vitamin c di kelas v sd negeri 56 banda aceh berada pada tingkat sangat

Tulisan yang relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA DENGAN PENDEKATAN PAKEM KELAS I SD NEGERI 54 BANDA ACEH (Darlina, 2013) ,

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Putri Masyitah, 2017) ,

PENDEKATAN PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET ACEH BESAR (Novita Hanum, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi