Sayni Nasrah. KORELASI ANTARA NILAI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN NILAI MATA PELAJARAN EKONOML SISWA KELAS IT DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Dewasa ini, pemerintah berusaha meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan dan pcnyempurnaan sistem pengajaran. hal tersebut dilakukan karena banyak siswa yang berprestasi rendah. rendahnya prestasi siswa tersebut disebabkan karena sistem pengajaran belum dilaksanakan sepenuhnya. dan ketidakmampuan siswa dalam bidang matematika sangat kurang. untuk mengetahui secara logis hal tersebut. maka perlu dilakukan penelitian tentang "korelasi antara nilai matematika dengan nilai mata pelajaran ekonomi di sma negeri 7 banda aceh". penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif antara nilai pelajaran matematika dengan nilai pelajaran ekonomi smu negeri 7 banda aceh. sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ii smu negeri 7 banda aceh tahun ajaran 2004/2005. sedangkan sampel penelitian ini adalah 72 sampling. dalam penelitian ini data yang penulis kumpul adalah dengan melihat

Baca Juga : KORELASI NILAI UJIAN FORMATIF DENGAN NILAI UJIAN SEMESTER DALAM MATA PELAJARAN IPA SDN 62 BANDA ACEH (siti harlina, 2014) ,

Baca Juga : KORELASI ANTARA NILAI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN NILAI MATA PELAJARAN EKONOML SISWA KELAS IT DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Sayni Nasrah, 2021) ,

umentasi berupa nilai matematika dan nilai ekonomi pada saat siswa yang menjadi sampel masih kelas r smu. adapu.n metode pengolahan data dengan menggunakan rumus korelasi. untuk mengetahui apakah hubungan tersebut signifikan atau tidak, diuji dengan menggunakan statistik pada taraf signifikan 5%. berdasarkan hasil penelitian didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,9321 atau 93,21%. hal ini berarti nilai pelajaran matematika mempunyai hubungan yang kuat dengan nilai mata pelajaran ekonomi dan koefisien determinasi (r = 0,8688) yang berarti 86,88% nilai pelajaran ekonomi diterangkan oleh nilai pelajaran matematika. dari hasil pengujian hipotesis, dengan menggunakan taraf signifikan 5% tersebut dan derajat kebebasan (dk) = 72, didapat t hitung =21,54 sedangkan t tabel = 1,67 jadi t hitung >_ ttabel, oleh karena itu ho ditolak dan h1 diterima. jadi hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara nilai matematika dengan nilai pelajaran ekonomi di sma negeri 7 banda

Tulisan yang relevan

PENGARUH NILAI MATA PELAJARAN AL-QUR’AN TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA SMP IT LUQMANUL HAKIM FULL DAY SCHOOL ACEH (Laina Maulina, 2020) ,

PENGARUH NILAI AWAL TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK UN TAHUN 2017 DI SMAN 9 BANDA ACEH (Elfina, 2018) ,

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI IS DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (FAHRINA, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi