Ernidar. PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) dalam pembelajaran biologi di man rukoh kota banda aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar ketika model tersebut diterapkan. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ii ipa man rukoh kota banda aceh yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 51 orang dan yang terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas ii ipa 2 dengan menggunakan teknik purposive sampel. data diperoleh dari hasil nilai pre test dan post test serta lembaran aktivitas guru dan siswa. untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji-t. dari perhitungan diperoleh tasetts 1 = 2.08, dan tie 16,44 dan tabelts s% = 2,83; berarti thitung > ttabel , dengan kata lain, hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) dalam

Baca Juga : PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) DAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 11 BANDA ACEH (Muthmainnah, 2014) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019) ,

embelajaran biologi di man rukoh kota banda aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterirna. persentase aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar (kbm) berjalan scsuai dengan sintaks, tcrlihat dari scbagian waktu yang digunakan adalah menyampaikan kompetensi dasar (8,3%), menyajikan informasi tahap demi tahap (7,1%), mendemontrasikan keterampilan (7,1%), memberikan pelatihan awal (10,8%), serta mengamati kegiatan siswa (27,3%), sedangkan sebagian waktu yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah memperhatikan/mendengarkan penjelasan guru (33, 7%) serta melakukan kegiatan praktek

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI KPK DAN FPB PADA SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Debrina Yulista, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI TARI KREASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (PHUJA TAWILLA SEPTINA, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMPASEH ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Fitriyah, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi