Dara Mahastura. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : tipe think pair share, penjumlahan pecahan penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps pada materi penjumlahan pecahan di kelas v sd negeri 18 banda aceh” ini mengangkat masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas v sdn 18 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps pada materi penjumlahan pecahan di kelas v sdn 18 banda aceh. populasi penelitian ini adalah siswa kelas v sd negeri 18 banda aceh tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 29 orang. pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi merupakan sampel. pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis dari materi yang

Baca Juga : PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014) ,

Baca Juga : MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Afira zenita puteri, 2015) ,

h dipelajari. pemberian tes dilakukan pada akhir penelitian. data diolah dengan menggunakan rumus statistik uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1) = (29 – 1) = 28. dari nilai tersebut diperoleh t(0,95)(28) sehingga ttabel = 1,70. karena 2,72 > 1,70 maka thitung > ttabel, sehingga ditolak diterima. dengan demikian hipotesis yang berbunyi ”siswa mencapai ketuntasan belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps pada materi penjumlahan pecahan di kelas v sd negeri 18 banda aceh” dapat diterima. oleh karena itu diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tps dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014) ,

KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS III SD NEGERI 2 KLIENG ACEH BESAR (Maria Ulfah, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi