Nurdia Hani. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI GEOGRAFI FKIP UNSYIAH BERDASARKAN LATAR BELAKANG JURUSAN DI SLTA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kuoci: perbandingan, prestasi, mahasiswa, jurusan tp a dan fps mahasiswa program studi pendidikan geografi terdiri atas lulusan jurusan ip a dan ips di slta. perbedaan ini diperkirakan akan mempengaruhi basil belajar ketik.a menjadi mahasiswa. dilandasi oleh kenyataan tersebut, maka masalah dalam penejitian adajah apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa program studi geografi fkip unsyiah berdasarkan latar belakang jurusan ipa dan ips di slta. pcnelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa program studi geografi fkip unsyiah berdasarkan latar belakang jurusan ipa dan tps di slta. hipotesis penelitian adalah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa program studi geografi fkip unsyiah berdasarkan latar belakang jurusan ipa dan ips di slta. penelitian dilakukan di program studi pendidikan geografi fkip unsyiah.

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2013 PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNSYIAH BERDASARKAN LATAR BELAKANG JURUSAN DI SMA (CUT NUR RAMADHANI, 2017) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN NON BIDIKMISI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH TAHUN 2016 (ESI MARLIJA, 2020) ,

lasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan geografi yang berjumlah 437 orang terdiri atas angkatan 2007, 2008, 2009, dan 2010. teknik pcngambilan sampel dalam penelitian ini adalah acak berstrata. setiap angkatan diambil secara acak sebanyak 20 orang yang terdiri atas 10 lulusan ipa dan io lulusan ips. dengan demikian, jumlah sampel adalah 80 orang. data penelitian diperoleh melalui studi dokumentasi pada program studi pendidikan geografi fkip unsyiah. data yang dikumpulkan berupa ipk mahasiswa dan latar belakang jurusan di slta. pengolahan data menggunakan rumus statistik uji-t. hasil penelitian menunjukkan tniung = 2,023, sedangkan tater pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk =n + n -2 dan peluang i -/a adalah 1,99. dengan demikian, ting t%set, sehingga ho ditolak dan h, diterima. berdasarkan hasil tersebut, mak.a dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa program studi geografi fkip unsyiah berdasarkan latar belakang jurusan ipa dan ips di

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN LATAR BELAKANG PEMINATAN DI SMA/MA (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014-2017) (NURJANNAH, 2020) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJARMATAKULIAH FISIKADASAR 1 DARI MAHASISWA YANG DI TERIMA MELALUI USMU DAN SNMPTN DI PRODI PENDIDIKAN FISIKARN FKIP UNSYIAH (Nazaratul Husna, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi