Ainas Maidayani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI STAD PADA MATA PELAJARAN IPS-SEJARAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Penelitian ini berjudul "penerapan model pembelajaran kooperatif stad pada mata pelajaran ips-sejarah kelas v1ii di smp negeri 18 banda aceh". dengan mengangkat masalah tentang kendala-kendala guru dalam proses pembelajaran sejarah sehingga tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif di smp negeri 18 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad yang diterapkan di smp negeri 18 banda aceh, kemudian untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran sejarah tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif di smp negeri 18 banda aceh.. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan ( field research) dan penelitian kepustakaan (library research). pengumpulan data dilakukan dengan uji materi yang sama kelompok yang

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI STAD PADA MATA PELAJARAN IPS-SEJARAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Ainas Maidayani, 2021) ,

berbeda dengan jumlah sampel keseluruhan 40 orang siswa. pada tahap awal materi diajarkan dengan metode konvensionaj. setelah itu, peneliti melakukan tes awal dari hasil belajar konfensional , pertemuan selanjutnya dengan materi yang sama siswa diajarkan dengan penerapan model stad, kemudian peneliti melakukan tes dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dari hasil belajar melalui penerapan model stad. untuk pengolahan data, digunakan rumus statistik analisis korelasi dengan taraf signifikan a= 0,05. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar r = 0,96 dengan taraf pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel atau 21, 13 > 1,68, ini berarti bahwa prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif stad pada mata pelajaran sejarah di smp negeri 18 banda aceh. kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pembelajaran sejarah sehingga tidak menerapkan model pembelajaran di smp negeri 18 banda aceh khususnya model stad adalah kurangnya pemahaman guru terhadap model stad dan cara menerapkannya terhadap

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN 2011-2012 (, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII/2 PADA SMP NEGERI 3 BAKTIYA KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA (Muhammad Dahlan, 2021) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Fitria Mustika, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi