Dara Quthnie. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANGRNDI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, sifat-sifat bangun ruang. penelitian ini berjudul “ penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas v sd negeri 62 banda aceh”. penelitian ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas v sd negeri 62 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas v sd negeri 62 banda aceh. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas v sd negeri 62 banda aceh sebanyak 68 orang siswa dan yang diambil sebagai sampel adalah siswa kelas vb yang berjumlah 34 orang. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan digolongkan sebagai penelitian eksperimen

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013) ,

semu. adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui post tes. data tes hasil belajar digunakan sebagai alat evaluasi untuk melihat tingkat pemahaman siswa khususnya materi sifat-sifat bangun ruang. nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. setelah data diolah dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa x ? = 74,97, dengan taraf signifikannya yaitu ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 33. dari nilai tersebut diperoleh t_tabel = 1,69 sehingga diperoleh t_hitung yaitu 1,98 karena t_hitung > t_tabel yaitu 1,98 > 1,69. dengan demikian h0 ditolak dan h1 diterima. jadi hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas v sd negeri 62 banda aceh dapat

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014) ,

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013) ,

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR ATOM MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (Nurliana, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi