Octiara Fatmasari. PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BEBAS YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 BIREUEN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : pengaruh, pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi, hasil belajar fisika penelitian yang berjudul “pengaruh pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar fisika siswa sma negeri 1 bireuen” ini mengangkat masalah apakah ada pengaruh pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar fisika siswa sma negeri 1 bireuen. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar fisika siswa sma negeri 1 bireuen. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi ipa sma negeri 1 bireuen. sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling. sehingga sampel penelitian ini adalah kelas xi ipa a yang berjumlah 29 orang (kelas eksperimen) dan kelas xi ipa b yang berjumlah 29 orang (kelas kontrol). metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi (quasi

Baca Juga : PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM PENCAPAIAN HASIL PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPN 2 KUTA BARO (Masyhur Azka, 2016) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Uswatun Hasanah, 2020) ,

. pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung> ttabel = 4,9 > 1,7 maka ho ditolak. artinya hasil belajar fisika yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar fisika yang tidak diajarkan dengan menggunakan pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi terhadap hasil belajar fisika siswa sma negeri 1 bireuen.

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMAN 1 BIREUEN (dahlia dara phonna, 2014) ,

AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM (Nuriyanti, 2017) ,

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU TERHADAP RNHASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI RN BANDA SAFA ACEH BESAR (agustina, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi