Rifa Muliani. PERBANDINGAN MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR ANTARA SISWA AKSELERASI DENGAN SISWA REGULER PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Ka ta kunci: motivasi, kebiasaan belajar, akselerasi, reguler. pencapaian hasil belajar yang baik sangat ditentukan oleh motivasi dan kebiasaan siswe dalam belajar. siswa yang memiliki motivasi yang tinggi belajarnya lebih baik dibandingkan dengan para siswa yang motivasinya rendah, dan siswa yang membiasakan belajar yang baik pada mata pelajaran geografi akan lebih memahami proses ilmiah dalam konsep geografi. berpikir kreatif dan bersikap positif. yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan motivasi dan kebiasaan antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler dalam belajar mata pelajaran geografi di sma negeri 3 banda aceh. penelitian ini di lakukan bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi dan kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran geografi. dalam hal ini terdapat hipotesis yang bahwa motivasi dan kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi lebih

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER UNGGULAN SEKOLAH RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012) (Sofianur, 2021) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014) ,

s dibandingkan dengan siswa reguler paga rnata pelajaran geografi. penelitian ini bersifat kuantitatif, untuk memperoleh data diberikan angket kepada siswa. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x sma negeri 3 banda aceh. sampel penelitian terdiri dari kelas x akselerasi yang berjumlah 20 siswa dan kelas x reguler yang berjumlah 70 siswa. pengujian hipotesis dilakukan pada taraf siqnifikan 5% dengan derajad kebebasan (dk) = 88. sehingga diperoleh 'atsa =1,67. untuk motivasi t nuns < tater (-4.72< 1,67), maka hipotesis statistik ho diterima dan h, ditolak. dengan kata lain motivasi dalam belajar geografi siswa kelas akselerasi tidak lebih baik dari pada motivasi belajar siswa reguler di sma negeri 3 banda aceh. sedangkan untuk kebiasaan belajar diperoleh t ng < laser (-5,13 < 1.67), maka hipotesis statistik ho juga diterima dan h, ditolak.dengan kata lain kebiasaan belajar siswa kelas akselerasi pada pelajaran geografi tidak lebih baik dari pada kebiasaan belajar siswa reguler di sma negeri 3 banda aceh. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kebiasaan siswa kelas akselerasi tidak lebih baik dibandingkan dari pada motivasi dan kebiasaa siswa kelas reguler pada pelajaran geografi. berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan kepada guru untuk lebih berperan scbagai motivator dalam kegiatan belajar mengajar serta mernberikan arahan kepada siswa untuk mernbiasakan diri belajar dengan

Tulisan yang relevan

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015) ,

PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMARN(SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH) (Teza Nia Rianti, 2014) ,

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH (DARA ANTIKA, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi