SISILIA ASMARA . PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PELAYANAN DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Nama : sisilia asmara program studi : kedokteran gigi judul skripsi : peranan komunikasi interpersonal terhadap pelayanan di poliklinik gigi dan mulut rsudza banda aceh komunikasi interpersonal antara dokter gigi dengan pasien merupakan faktor penting untuk proses maupun hasil pelayanan medik gigi dan mulut menjadi optimal. terdapat lima syarat untuk menciptakan komunikasi interpersonaj yaitu sikap positif, merasakan perasaan orang lain, sikap mendukung, keseimbangan antara pelaku komunikasi serta sikap dan keinginan untuk terbuka.rsudza merupakan rumah sakit rujukan di provinsi aceh yang mempunyai tugas dan fungsi memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat termasuk pclayanan keschatan gigi dan mulut. pelayanan kesehatan gigi dan mulut tersebut adalah poliklinik gigi dan mulut. tujuan penelitian ini untuk

Baca Juga : GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017) ,

Baca Juga : PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PELAYANAN DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RSUDZA BANDA ACEH (SISILIA ASMARA , 2015) ,

i peranan komunikasi interpersonal terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di polikjinik gigi dan mulut rsudza. metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional jumlah subjek pcnclitian adalah 222 orang. hasil penelitian menunjukkan scsuai harapan pasien dengan pcranan komunikasi interpersonal terhadap pelayanan di poliklinik gigi dan mulut yaitu, sikap positif 77,9%, merasakan perasaan orang lain 79,7%, sikap mendukung 79,7%, keseimbangan antara pelaku komunikasi 79,3%, sikap dan keinginan untuk terbuka 79,7% namun secara keseluruhan pelayanan poliklinik mencapai 88,3%. hasil uji chi-square terhadap teknik komunikasi interpersonal menunjukkan sikap positif dengan nilai p = 0,021, merasakan perasaan orang lain dengan nilai p = 0,000, sikap mendukung dengan nilai p = 0,000, keseimbangan antara pelaku komunikasi dengan nilai p = 0,000, sikap dan keinginan untuk terbuka dengan nilai p = 0,001 memiliki hubungan signifikan terhadap pelayanan poliklinik gigi dan mulut rsudza. kata kunci: komunikasi interpersonal, pelayanan poliklinik gigi dan mujut

Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS ROHANIAWAN DALAM PELAYANAN BIMBINGAN ROHANI ISLAMI PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sarojini Mutia Irfan, 2018) ,

TINGKAT KEPUASAN KERJA DOKTER GIGI YANG BERTUGAS DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT PEMERINTAH DI BANDA ACEH TAHUN 2015 (Lot Rahmat, 2016) ,

GAMBARAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT TK II ISKANDAR MUDA BANDA ACEH (STUDI BERDASARKAN PENGETAHUAN PASIEN DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN) (Azizah, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi