Annas. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PASIEN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN BADAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2006. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan cerminan dari keberhasilan pelayanan rumah sakit. kepuasan merupakan salah satu output pelayanan rumah sakit dan merupakan dimensi dari kualitas pelayanan. berdasarkan data menunjukkan bahwa kepuasan pasien di badan pelayana kesehatan rumah sakit umum dr. zainoel abidin banda aceh belum optimal dan persentase masyarakat yang mernanfaatkan pelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan badan pelayanan kesehatan rumah sakit umum dr. zainoel abidin banda aceh cenderung mengalam penurunan. perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pasien terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan di instalasi rawat jalann badan pelayanan kesehatan rumah sakit umum dr. zainoel abidin banda aceh. pengumpulan data dilaksanakan tanggal 7 -12 juni 2006, jenis

Baca Juga : FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mai Bony Dollah, 2015) ,

Baca Juga : HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sri Mulia Fitri, 2015) ,

itian deskriptif korelasi dengan menggunakan metode cross sectional study. jumlah sampel 98 orang, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi square (x2) dengan @ = 0,05 dan df = 2 ( x2 tabel =5,591), sehingga diperoleh hasil x2 hitung untuk variabel pengetahuan 15,6480, untuk variabel persepsi 6,5867, untuk variabel dukungan keluarga 115770, untuk variabel pendapatan 3.9435, untuk variabel umur 7,4216, unruk variabel pendidikan 2,1540. kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat ada hubungan yang bermakna antara faktor pengetahuan, persepsi. dukungan keluarga dan umur terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan sedangkan faktor pendapatan dan pendidikan tidak ada bubungan dengan pemanfaatan palayanan kesehatan di instalasi rawat jalan badan pelayanan kesehatan rumah sakit umum dr. zainoel abidin banda aceh. dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada para pengambil kebijakan khususnya kepala instalasi untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan. kata kuci: pembinaan staf disiplin kerja. daftar bacaan : 31 buku (1984

Tulisan yang relevan

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017) ,

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013) ,

HUBUNGAN KUALITAS INFORMED CONSENT TINDAKAN BEDAH DITINJAU DARI ETIKA DAN MEDIKOLEGAL DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN. (PUTRA SAFANA, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi