Ardiansyah. EFEKTIFITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITUSSALAM DAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Salah satu upaya perbaikan pelayanan publik di aceh besar dilakukan melalui penerapan pelayanan satu pintu di kecamatan. pelayanan terpadu satu pintu adalah untuk memudahkan pelayanan publik dalam mengurus berbagai kepentingan melalui satu meja atau loket pelayanan yang proses pengelolaannya mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen baik pelayanan perizinan maupun non perizinan yang sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 24 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan perizinan terpadu satu pintu dan peraturan menteri dalam negeri no.4 tahun 2010 tentang pedoman pelayanan administrasi terpadu kecamatan. namun dalam kenyataannya pelayanan tersebut belum terwujud secara maksimal. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji efektifitas penyelenggaraan pelayananan terpadu satu pintu di kecamatan baitussalam dan peukan bada, manfaat yang di terima oleh masyarakat kecamatan

Baca Juga : KINERJA APARATUR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU E-KTP (STUDI KASUS DI UPTD ZONA II DISDUKCAPIL PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR) (KHALIDA ULFA, 2018) ,

Baca Juga : PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI INDRA PURWA TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurismi, 2014) ,

m dan peukan bada dengan adanya pelayanan terpadu satu di kecamatan, dan pengaruh pelayanan terpadu satu pintu terhadap pemerintahan dan berkontribusi terhadap good governance. pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penelitian keperpustakaan dan penelitian lapangan. penelitian keperpustakaan dimaksudkan untuk mendapatkan data skunder, yaitu dengan mempelajari dan mengkaji pendapat ahli dalam bentuk buku-buku, jurnal, peraturan pemandangan dan melalui konsepsi ilmuan lainnya melalui media internet. sedangkan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer dengan cara mewawancarai responden dan informan yang telah ditentukan sebelumnya. berdasarkan hasil peoelitian dapat diketahui bahwa penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di kecamatan belum efektif dan optimal, hal itu dapat dilihat dari terbatasnya kewenangan yang diberikan pemerintah kabupaten kepada kecamatan dan minimnya kemampuan dan keterampilan dari pihak kecamatan dalam menjalankan wewenang yang diberikan, dengan diterapkannya pelayanan terpadu satu pintu banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat salah satunya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sistem pelayanan terpadu satu pintu mempunyai pengaruh sangat besar terhadap pemerintahan dalam mewujudkan pelayan yang optimal kepada masyarakat dan sangat berkontribusi terhadap good governance karena dalam sistem pelayanan terpadu satu pintu terdapat prinsip-prinsip good governance pemerintah kabupaten aceh besar seharusnya memberikan kewenangan lebih kepada kecamatan dalam melakukan pelayan perizinan maupun non perizinan agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. pemerintah harus meningkatkan pelayanan untuk lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. kata kunci: efektifitas, pelayanan terpadu satu pintu di kecamatan, pelayananan publik dan

Tulisan yang relevan

KEKALAHAN PARTAI DAMAI ACEH SEBAGAI PARTAI BERBASIS ULAMA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RAIHAN YURANDA, 2019) ,

TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TANI KORBAN TSUNAMI DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN I ACEH BESAR (RAHMAH DARA AYUNDA, 2016) ,

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi