Intan Mulia. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: analisis, kesalahan siswa, soal cerita, penjumlahan dan pengurangan pecahan penelitian yang berjudul “analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada kelas v sd negeri 33 kota banda aceh” ini mengangkat masalah tentang kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan penyebab kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan serta untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas v sdn 33 kota banda aceh sebanyak 29 orang. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan

Baca Juga : ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Siti Hawa, 2021) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fahmi Chairurozika Lubis, 2021) ,

ara, dimana pengelolahan data menggunakan rumus persentase untuk melihat kemampuan siswa sehingga dapat diketahui kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam memahami maksud soal, kesalahan dalam pemahaman konsep, dan kesalahan dalam melakukan langkah penyelesaian soal. penyebab kesalahan-kessalahan tersebut adalah siswa tidak mampu menganalisis apa yang ditanyakan dan diketahui pada soal yang berbentuk cerita, siswa tidak mampu mencerna atau memahami bahasa, siswa masih merasa kesulitan dalam melakukan perhitungan operasi pengurangan sebanyak dua kali, siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal, kurangnya minat belajar dan mengulang kembali pelajaran, siswa tidak menguasai perkalian dan pembagian serta tidak paham konsep penjumlahan dan pengurangan sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan soal. disarankan kepada siswa untuk lebih teliti dalam memahami soal cerita matematika, agar tidak terjadi kesalahan dalam menjabarkan

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 29 BANDA ACEH (Mariana, 2020) ,

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014) ,

PENGARUH PERMAINAN PUZZLE PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN CAMPURAN DI KELAS V SDN 1 BANDA ACEH (MARZALENA H, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi