Desri Maulizani. HUBUNGAN MENTAL HEALTH LITERACY DENGAN PEER GROUP STIGMA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh : Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kementerian pendidikan dan kebudayaan universitas syiah kuala fakultas keperawatan skripsi 25 desember 2020 xvi + vi bab + 48 halaman + 6 tabel + 1 skema + 11 lampiran desri maulizani 1612101010014 hubungan mental health literacy dengan peer group stigma pada mahasiswa keperawatan universitas syiah kuala abstrak stigma merupakan label negatif yang melekat pada individu yang diberikan oleh masyarakat dan dipengaruhi oleh lingkungannya. stigma masih menjadi akar masalah pelayanan kesehatan jiwa di indonesia, mental health literacy perlu ditingkatkan sehingga dapat menurunkan stigma pada penderita gangguan mental. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mental health literacy dengan peer group stigma pada mahasiswa keperawatan universitas syiah kuala. desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total populasi dengan menggunakan 3 angkatan berjumlah 354

Baca Juga : GAMBARAN PEER GROUP STIGMA MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KOTA BANDA ACEH (Putri Maina, 2020) ,

Baca Juga : STUDI KOMPARASI SOSIAL STIGMA TERHADAP PENDERITA SKIZOFFRENIA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGAMBIL MATA KULIAH DAN PRAKTIK KEPERAWATAN JIWA (SRI MULIANTI, 2019) ,

a fakultas keperawatan universitas syiah kuala. instrumen yang digunakan penelitian ini ada 3 yaitu data demografi, mental health literacy questionnaire (mhlq) dan peer mental health stigmatization scale (pmhss) dalam bentuk skala likert dengan cara survey online kepada seluruh responden dari 1 oktober 21 oktober 2020. metode analisa dilakukan dengan deskriptif statistic dan deskriptif inferensial. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara mental health literacy dengan peer group stigma pada mahasiswa keperawatan universitas syiah kuala dengan p-value 0,024. direkomendasikan bagi mahasiswa agar lebih meningkatkan mental health literacy dan mengurangi stigma terhadap gangguan mental. kata kunci: mental health literacy, mahasiswa, peer group stigma daftar bacaan: 9 buku + 33 jurnal + 2 website

Tulisan yang relevan

STUDI KOMPARASI STIGMA SOSIALTERHADAP PENDERITA HIV/AIDS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN MATA KULIAH KEPERAWATAN HIV/AIDS (INTASHARA, 2019) ,

HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERGAULAN PEER GROUP DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Fitria Rahma, 2017) ,

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN OLEH TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (suriani, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi