YENNI FARNILA. PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Yenni farnila (2020). proses berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-confidence. proses berpikir reflektif adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki dan dikembangkan, namun kenyataannya proses berpikir reflektif belum dilakukan secara efektif. hal tersebut dikarenakan proses berpikir reflektif kurang diperhatikan oleh guru dan siswa kurang memahami konsep matematika karena siswa yang mampu berpikir reflektif harus terlebih dahulu memahami konsep sehingga bisa menyelesaikan masalah matematika. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari self-confidence. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian enam siswa dari 22 siswa kelas ix-a mtsn 4 aceh barat daya yang dipilih berdasarkan tingkatan self-confidence yaitu dua siswa dari self-confidence tinggi, dua siswa dari self-confidence sedang, dua siswa dari self-confidence rendah. teknik

Baca Juga : PROSES BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH NON RUTIN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (AICA WIRA ISLAMI, 2019) ,

Baca Juga : PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF (Fahmi Ramadhan, 2017) ,

ulan data dilakukan melalui dua tahapan yang pertama menentukan tingkat self-confidence siswa yaitu menggunakan angket self-confidence, dan yang kedua mengumpulkan data proses berpikir reflektif siswa yaitu menggunakan tes pemecahan masalah dan wawancara. teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses berpikir reflektif siswa dari setiap tingkatan self-confidende berbeda. siswa yang memiliki self-confidende tinggi terjadi proses berpikir reflektif pada setiap langkah pemecahan masalah. siswa yang memiliki self-confidence sedang, belum terjadi proses berpikir reflektif pada langkah pemecahan masalah yaitu langkah memeriksa kembali. sedagkan siswa yang memiliki self-confidence rendah, hanya terjadi proses berpikir reflektif pada satu langkah pemecahan masalah, yaitu langkah memahami masalah. kata kunci: berpikir reflektif, pemecahan masalah, dan

Tulisan yang relevan

PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (NURUL ZAHARA, 2020) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN STRATEGI BRANSFORD-STEIN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (DESY SULFIANA, S.PD.I, 2019) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING (HAYATUN NUFUS, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi