NAPIAH. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: hasil belajar, stad, komponen ekosistem telah dilakukan penelitian yang berjudul "penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (stad)untuk meningkatkan ketuntasan belajar pada materi komponen ekosistem siswa kelas vii-3 smpn negeri 4 kejuruan muda kabupaten aceh tamiang". tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam pembelajaran komponen ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement (stad) di kelas vii-3 smpn 4 kejuruan muda aceh tamiang. penelitian dilakukan dari bulan oktober 2012 sampai dengan februari 2014. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas vii-3 smp negeri 4 kejuruan muda yang berjumlah 30 orang. jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM (royki rosmandi, 2014) ,

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014) ,

. data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran stad pada materi komponen ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas vii-3 smpn 4 kejuruan muda. adapun persentase ketuntasan belajar siswa adalah pada siklus i 73,33%, sedangkan pada siklus ii dan iii masing-masing 83,33% dan 93,33%. selanjutnya siswa yang aktif pada siklus i sebanyak 23 orang siswa, pada siklus ii sebanyak 27 orang, dan pada siklus iii seluruh siswa aktif dalam

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X-IPA 1 SMA NEGERI 1 SEUNAGAN (Asma Yani, 2017) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi