Fitria Ilmita. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, word square, scramble, geografi hasil belajar adalah prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses pembelajaran dengan membawa suatu pembentukan tingkah laku seseorang. untuk melihat hasil belajar dari kedua kelas dapat dilakukan dengan menggunakan perbandingan. sehingga penelitian ini berjudul “perbandingan hasil belajar ips geografi menggunakan model pembelajaran tipe word square dengan model pembelajaran tipe scramble siswa kelas viii smp negeri 3 banda aceh” ini mengangkat masalah yakni apakah hasil belajar ips geografi yang menggunakan model pembelajaran tipe word square lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran tipe scramble siswa kelas viii smp negeri 3 banda aceh?. penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar ips geografi yang menggunakan model pembelajaran tipe word square lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran tipe scramble

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN WORD SQUARE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU MTSN 4 BANDA ACEH (Ainul Mardhiah, 2018) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015) ,

siswa kelas viii smp negeri 3 banda aceh. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 3 banda aceh yang berjumlah 300 siswa. sampel yang diambil hanya dua kelas, yakni kelas viii7 sebanyak 32 siswa dan kelas viii9 sebanyak 33 siswa. penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre test dan post test. teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. hasil pengolahan data post test yang diperoleh adalah thitung = 3,54 dan nilai ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05 (uji satu pihak) dengan dk =n +n - 2= 32 + 33 – 2 = 63 adalah 1,67. oleh karena itu terima ha jika thitung ? ttabel dengan thitung = 3,54 dan ttabel = 1,67 atau 3,54 > 1,67, maka h0 ditolak dan ha diterima. dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ips geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe word square lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran tipe scramble siswa kelas viii di smp negeri 3 banda aceh dapat diterima

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI MINYAK BUMI DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Junita, 2021) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-IS DI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH (Amelia Farahzilka, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi