Aulia Rahman. RETENSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAMI DI MTSS ULUMUL QURAN PAGAR AIR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Retensi merupakan kemampuan siswa dalam bertahannya suatu materi atau informasi dengan jangka waktu yang lama. akan tetapi, guru kurang memberikan perhatian terkait retensi pada kemampuan matematis siswa terutama yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. retensi kemampuan pemecahan masalah matematis dapat bertahan cukup lama apabila pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata yang dekat dengan siswa, pembelajaran yang mengaitkan konteks kehidupan nyata salah satunya dengan pendekatan matematika realistik yang mengintegrasikan nilai islami. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui retensi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pendekatakan matematika realistik dengan integrase nilai islami di mtss ulumul quran pagar air. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian triangulasi kongkuren. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas viii/1 di mtss ulumul quran pagar air yang berjumlah 35 siswa,

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAMI DI MTSS ULUMUL QURAN PAGAR AIR (Jannatul Alyana, 2020) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SPLTV KELAS X MAN 4 ACEH BESAR (CUT NADIA, 2018) ,

ngkan sampel pada penelitian ini yaitu 7 siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik delapan bulan yang lalu. data retensi kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan melalui hasil tes dan wawancara semi terstruktur. teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara deskriptif dan data kualitatif dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah miles dan huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retensi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pendekatan matematika realistik yang mengintegrasikan nilai islami terjadi pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan melaksanakan rencana penyelesaian. hal ini dialami oleh sebagian besar atau 5 dari 7 siswa. namun pada indikator memeriksa kembali terjadinya penurunan, ini disebabkan karena informasi tidak bertahan dengan baik dalam rentang waktu yang lama. implikasi dari penelitian ini yaitu pendekatan matematika realistik dengan integrasi nilai islami hendaknya diteruskan sehingga retensi kemampuan pemecahan masalah matematis dapat terpenuhi untuk semua indikator. kata kunci: retensi, kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan matematika

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN MYOPIA YANG TIDAK DIKOREKSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MTSS ULUMUL QURAN BANDA ACEH (FIRLLY FADJRIANSYAH ARIFIAN, 2021) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Nur Dewi, 2016) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR (RAHMAT, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi