Rini Sri Rizki. PEMBELAJARAN MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: media kartu, pecahan, operasi hitung. berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas iv sdn 16 banda aceh menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan kurang memuaskan, masih banyak siswa yang kurang mengerti tentang penyelesaian operasi hitung pecahan. salah satu strategi dalam mengatasi masalah ini adalah penggunaan media kartu. media kartu yang dimaksudkan di sini adalah media kartu yang menyerupai kartu domino yang terbuat dari kardus bekas. adapun judul dari penelitian ini adalah “pembelajaran materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan media kartu pada siswa kelas iv sd negeri 16 banda aceh”. permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaranmateri operasi hitung pecahan dengan menggunakan media kartu pada siswa kelas iv sd negeri 16 banda aceh dapat mencapai ketuntasan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI PECAHAN DIKELAS IV SD NEGERI KANDANG PULO ACEH (maulina, 2013) ,

Baca Juga : IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Suci Damawiyah, 2014) ,

rasi hitung pecahan dengan menggunakan media kartu pada siswa kelas iv sd negeri 16 banda aceh. pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas iv sd negeri 16 banda aceh yang berjumlah 32 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas iv sd negeri 16 banda aceh tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes hasil belajar. tes hasil belajar dilakukan dengan cara memberikan soal dalam bentuk essay yang berjumlah 10 butir dengan waktu yang diberikan 35 menit setelah berakhirnya proses belajar mengajar. selanjutnya data hasil tes dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. dari hasil pengolahan data diperoleh hasil thitung=10 dan ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 31 adalah 1,70 sehingga thitung>ttabelyaitu 10 >

Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014) ,

PENGGUNAAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI KELAS III SD NEGERI 4 TAPAK TUAN (Tiara Raihan, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi