Ngafif Muzaqin. HUBUNGAN TINGKAT KEBISINGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN MODEL BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kondisi sekolah yang bising mempengaruhi konsentrasi danprestasi belajar siswa. sumber bising lingkungan sekolah 86% berasal dari suara mesin mobil. tujuan penelitian adalah untuk melihat hubungan tingkat kebisingan terhadap prestasi belajar siswa. rancangan penelitian adalah deskriptif analitik, subyek yang memenuhi criteria inklusi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tingkat kebisingan kelas dan prestasi belajar siswa kelas x man model banda aceh. jumlah sampel adalah delapan kelas x. sampel diambil secara acak kelas yang ada di man model banda aceh. pengukuran tingkat kebisingan diruang kelas x menggunakan sound level meter (dba) yang diukur saat proses belajar mengajar berlangsung. sedangkan prestasi belajar diambil dari nilai rapor semester i. analisa data menggunakan uji alternative fisher exact test yaitu uji yang digunakan untuk melakukan analisis pada dua sampel independen dan dependen dengan jumlah sampel yang relative kecil (?20 sampel) dengan skala data nominal. hasil

Baca Juga : PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013) ,

Baca Juga : HUBUNGAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahimah, 2013) ,

tian diperoleh bahwa nilai kebisingan terendah adalah 60,33 dba pada pagi hari, dan nilai kebisingan tertinggi adalah 62,92 dba pada siang hari. prestasi belajar siswa terendah yaitu 79,52 dba, dan nilai tertinggi adalah 82,70. hasil uji alternatif fisher exact test diperoleh nilai signifikan p-value>1,000 yang menunjukkan hubungan dua arah sama. bahwa h0 ditolak dengan (p-value>? (1.000)) dengan kepercayaan 95% (0,005), disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kebisingan dengan prestasi belajar siswa man model banda aceh. kata kunci: kebisingan, prestasi

Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (CUT DEAH PRANSISKA HANIS, 2020) ,

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI GAYA DENGAN PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV MIN BUKIT BARO II KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Hartati, 2021) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM JPS GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Aidha Auliani, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi