ALFI POPPY MAILANI. FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Faktor - faktor yang mempengaruhi pengasuhan orangtua dalam pemberian stimulasi perkembangan bahasa pada anak usia toddler di paud kecamatan syiah kuala banda aceh tahun 2014 abstrak anak-anak dilahirkan dengan mekanisme dan kemampuan untuk mengembangkan bicara dan keterampilan berbahasa. bagaimanapun, mereka tidak dapat berbicara secara spontan. lingkungan harus memberikan cara bagi mereka untuk menguasai keterampilan ini. peran aktif orangtua dalam memberikan stimulasi perkembangan bahasa pada anak sangat diperlukan terutama saat mereka masih pada tahap balita. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan orangtua dalam pemberian stimulasi perkembangan bahasa pada anak usia toddler di paud kecamatan syiah kuala banda aceh tahun 2014. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif pendekatan cross sectional study dengan pengambilan sampel

Baca Juga : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUARNDALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGANRNMOTORIK HALUS PADA ANAK USIA TODDLERRNDI PAUD KECAMATAN BANDA RAYARNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Tiurma Setia, 2014) ,

Baca Juga : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH 2014 (Aida Fitri, 2014) ,

menggunakan probability sampling dengan tehnik proporsional sampel dengan jumlah 85 responden. uji analisis yang digunakan adalah chi-square dengan nilai ? = 0,05. hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara usia orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (p-value = 0,00). ada hubungan antara keterlibatan ayah dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (p-value = 0,002). ada hubungan antara pendidikan orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (p-value = 0,019) ada hubungan antara pengalaman orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (p-value = 0,008). ada hubungan antara stres orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (p-value = 0,003). ada hubungan antara hubungan orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (p-value = 0,018). saran bagi ibu yang memiliki anak toddler agar dapat memberikan stimulasi perkembangan bahasa pada anak sesuai dengan tahap perkembangan agar anak dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal. kata kunci : stimulasi, perkembangan bahasa, orangtua, toddler daftar bacaan : 20 buku, 3 skripsi, 8 jurnal, 4 artikel (2000-2013) the affecting factors of parental care in language development stimulation provision in toddlers in school for early education in syiah kuala subdistrict banda aceh in 2014 abstract children were born with ability and mechanism to develop talking and languange skills. however, they can not talk spontaneously. enviroment should provide the way for them to power this skill. the role of parents in giving language development stimulation for children is necessary, mainly during their toddler period. the purpose of the research was to identfy correlation between affecting factors of role of parentís caring and language development stimulation provision in toddlers in school for early education in syiah kuala subdistrict banda aceh in 2014. the type of the research was correlative descriptive with cross sectional study approach and collection of samples used probability sampling with proportional sample technique i.e 85 respondents. analysis test was used chi square with ? = 0,05. the result of the research showed there was correlation between parentsí age and language development stimulation (p-value = 0,0001). there was correlation between fatherís involvement and language development stimulation(p-value = 0,002). there was correlation between parentsí education and language development stimulation(p-value = 0,019). there was correlation between parentsí experience and language development stimulation(p-value = 0,008). there was correlation between parentsí stress and language development stimulation(p-value = 0,003). there was correlation between parentsí relationship and language development stimulation(p-value = 0,018). recommendation for mothers with toddlers to provide language development stimulation based on development phase. hence, children can achieve optimum growth and development. keywords : stimulation, language development, parents, toddler references : 15 textbooks, 8 journals, 4 articles , 3 thesis

Tulisan yang relevan

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (ALFI POPPY MAILANI, 2014) ,

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI GAMPONG LAMPEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ABQARIAH, 2016) ,

HUBUNGAN PERAN AYAH DALAM STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (MAULIDA NURLIZA, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi