Raudhatul jannah. HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL RNPADA REMAJA DI PANTI ASUHAN NIRMALARNBANDA ACEH 2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kementerian pendidikan dan kebudayaan universitas syiah kuala fakultas keperawatan skripsi juni 2014 xii halaman + vi bab + 97 halaman + 14 tabel + 1skema + 16 lampiran raudhatul jannah 1007101020010 hubungan konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di panti asuhan nirmala banda aceh tahun 2014 abstrak konsep diri mencakup persepsi diri, penampilan, nilai, dan keyakinan yang mempengaruhi perilaku. konsep diri terdiri atas 5 komponen yaitu, citra tubuh, ideal diri, harga diri, peran dan identitas. konsep ini sangat berkaitan erat dengan kecerdasan emosional yaitu kemampuan untuk memonitor perasaan, emosi sendiri dan orang lain untuk membimbing perilaku. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di panti asuhan nirmala banda aceh tahun 2014. penelitian ini berbentuk deskriptif korelatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode total sampling. pengumpulan data dilakukan pada tanggal

Baca Juga : PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN COTTAGE DENGAN REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ASRAMA (Misanti, 2015) ,

Baca Juga : GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK RNYANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN RNANAK DARUSSA’ADAH ACEH (YERNI HANIMAR, 2015) ,

09 mei 2014 di panti asuhan nirmala banda aceh. jumlah sampel sebanyak 53 orang. alat pengumpulan data berupa kuesioner yang berbentuk skala likert. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan spss dengan uji chi square. berdasarkan hasil penelitian untuk variabel konsep diri diperoleh hasil : citra tubuh berada dalam kategori negatif 29 orang (54,7%), ideal diri berada dalam kategori negatif 32 orang (60,4%), harga diri berada dalam kategori positif 27 orang (50,9%), peran berada dalam kategori positif 28 orang (52,8%), dan identitas berada dalam kategori positif 38 orang (71,7%). gambaran hasil penelitian untuk variabel kecerdasan emosional diperoleh hasil pada kategori tinggi 30 orang (56,6%). dari pengolahan data diperoleh nilai p value (0,000) < dari ? (0,05) sehingga h0 ditolak yang berarti ada hubungan antara konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di panti asuhan nirmala banda aceh. disarankan kepada kepala panti untuk terus memberi bimbingan pada remaja sehingga konsep diri serta kecerdasan emosional remaja baik. kata kunci : kecerdasan emosional, konsep diri, remaja daftar bacaan : 24 buku +1 jurnal +10 skripsi

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH (Cut Elfira, 2013) ,

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH (Bella Anugrah Fitri, 2015) ,

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi