Fona Fitry Burais. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak fona fitry burais (2015). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas. kemampuan matematis yang seharusnya dimiliki yaitu berkomunikasi, mengaitkan ide dan merepresentasikan ide-ide. untuk memiliki semua kemampuan matematis tersebut, siswa harus memiliki kemampuan pemahaman matematis. dengan demikian perlu penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa salah satunya model kooperatif tipe jigsaw. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahamandan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas xmia5 dan xmia2, penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan

Baca Juga : MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Fona Fitry Burais, 2019) ,

teknik random sampling. pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemahamandankomunikasi matematis yaitu pretes dan postes, yang diberikan pada kedua kelas.untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional digunakan uji-t, uji tí dan uji mann whitney. berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa ditinjau dari keseluruhan siswa peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw abstract fona fitry burais (2015). application of jigsaw type cooperative learning model in improving mathematical understanding and mathematical communication capabilities of high school students. the mathematical ability that should be possessed is communicating, associating ideas and representing ideas. to have all these mathematical abilities, students must have mathematical understanding abilities. thus the application of learning models is needed to improve students' mathematical understanding and communication skills, one of which is a jigsaw cooperative model. this study aims to determine the improvement of mathematical understanding and communication skills of students who obtain cooperative jigsaw learning with students who obtain conventional learning. this study uses an experimental method with pretest-posttest control group design. the sample in this study consisted of two classes, namely xmia5 and xmia2 classes, the determination of the sample was done using random sampling techniques. data collection using mathematical understanding ability and mathematical communication test instruments, namely pretest and posttest, were given in both classes. based on the results of data analysis, it was concluded that in terms of overall students the improvement in mathematical understanding and communication skills of students who obtained cooperative learning jigsaw types was better than students who obtained conventional learning. judging from the students' initial mathematical abilities improvement in mathematical understanding and communication skills of students who obtain jigsaw cooperative learning is better than students who obtain conventional learning. keywords: mathematical understanding ability, mathematical communication ability, jigsaw type cooperative learning

Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014) ,

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI 1 SINABANG (TIARA, 2019) ,

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP POS KEADILAN PEDULI UMAT ACEH BESAR (Uci Mahlisa, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi