Wahyuni Iswandi. PERKEMBANGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDAMPINGAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak sebagian besar guru kurang mampu mengembangkan soal yang melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi. persentase item low order thinking skill (lots) pada soal tes yang dibuat oleh guru matematika berkisar antara 53% sampai 90% dengan rata-rata 68%. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan guru dalam merancang soal matematika high order thinking skill (hots) sekolah dasar melalui kegiatan pendampingan dan aktivitas guru selama pelaksanaan kegiatan pendampingan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan selama empat kali pertemuan dan terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian adalah guru kelas vi sd banda aceh yang berjumlah sepuluh orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi, dan wawancara. data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan guru sekolah dasar dalam merancang soal matematika hots setelah mendapatkan

Baca Juga : ANALISIS SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII DI SMA NEGERI SE - KABUPATEN ACEH TENGAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK SOAL HOTS (Rona Aprilia, 2020) ,

Baca Juga : ANALISIS VALIDITAS, RELIABILITAS DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BUATAN GURU FISIKA SMA NEGERI 1 GANDAPURA (M. Agus Siddiq, 2019) ,

egiatan pendampingan selama dua siklus sudah terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik dari sebelum mendapatkan pendampingan. sebelum dilaksanakan kegiatan pendampingan merancang soal matematika hots, semua guru hanya mampu merancang soal dalam kategori lots pada saat tes awal, namun setelah dilaksanakan kegiatan pendampingan pada siklus-i sudah terjadi peningkatan meskipun tidak 100% baik, yaitu dengan rincian tiga guru (30%) dalam kategori sangat baik, tiga guru (30%) dalam kategori baik, dua guru (20%) dalam kategori cukup, dan dua guru (20%) lagi dalam kategori kurang baik. adapun perkembangan kemampuan guru dalam merancang soal matematika hots pada siklus-ii sudah menunjukkan 90% baik, dengan rincian lima guru (50%) sangat baik, empat guru (40%) dalam kategori baik, dan satu guru (10%) dalam kategori cukup. aktivitas guru selama kegiatan pendampingan dalam merancang soal matematika hots sekolah dasar pada siklus-i 85,7% efektif dan 100% efektif pada siklus-ii atau semua aktivitas guru aktif pada siklus-ii. kata kunci: high order thinking skill (hots), merancang soal, pendampingan vi

Tulisan yang relevan

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 BANDA ACEH (RAHMAT FADHLI, 2021) ,

KEMAMPUAN SISWA SMP SE-KOTA BANDA ACEH DALAM MENJAWAB SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (CUT NADIA SAHIRA, 2019) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII (RIZQA PUTRI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi