KHARINA AREEISTY. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

kharina areeisty pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di sma negeri banda aceh. pembimbing i dr. dr. hasanuddin, m.si. pembimbing ii. prof. dr. m.ali s., m.si. abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas x sma negeri banda aceh. pengambilan data dilakukan pada bulan maret sampai bulan april 2019. pendekatan penelitian ini adalah menggunakan quantitatif, jenis penelitian evaluasi, metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan design pre-tes post-tes group design factorial. sampel dalam penelitian ini berjumlah 253 peserta didik yang berasal dari sman

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (WIRDATUL WAHIDA, 2018) ,

Baca Juga : PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019) ,

5 banda aceh dan sman 7 banda aceh. instrumen yang digunakan adalah angket, soal essay merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan dan tes objektif multiple choise untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. analisis data menggunakan uji non parametrik yaitu uji mann whitney tes pada taraf signifikan 0,05. hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p < ().yaitu 0,00 < 0,05. kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas x sma negeri banda aceh dan terdapat hubungan antara model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap dengan motivasi dan hasil belajar peserta didik. kata kunci: problem based learning berbasis mindmap, motivasi, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif

Tulisan yang relevan

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Yanizar, 2019) ,

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU DENGAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (Zainatul Hasanah, 2020) ,

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi