Raudhatul Jannah. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 PIDIE. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak jannah, r. 2019. pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1 pidie. skripsi, jurusan pendidikan biologi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. muhibbuddin, m.s., (2) dra. asiah m.d., m.p. kata kunci : powtoon, hasil belajar, ekskresi telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1 pidie pada bulan mei 2019. penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1 pidie. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan desain pretest-posttest control group. sampel dalam penelitian ini yaitu kelas xi ipa 1 sebagai kelas kontrol dan xi ipa 2 sebagai kelas eksperimen. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini 35 soal tes

Baca Juga : PENERAPAN MEDIA PREZI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (CUT MUTIA NATASYA, 2019) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH (FEMMY AULIA DAMAYANTI MARPAUNG, 2021) ,

jektif yang telah divalidasi dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. analisis data dilakukan dengan membandingkan skor kemampuan awal siswa (hasil pre-test) dengan skor kemampuan akhir siswa (n-gain) antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. perbandingan skor rata-rata diuji dengan uji beda dua rata-rata dengan uji t yaitu independent sample t-test. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen tidak berbeda nyata (thitung < ttabel yaitu 0,65 < 1,66), sedangkan kemampuan akhir (n-gain) antara siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen berbeda nyata (thitung > ttabel yaitu 1,99 > 1,66), dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di man 1

Tulisan yang relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016) ,

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. (SRI NOVAYANTI, 2018) ,

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MAN 1 KUTA BARO ACEH BESAR (mardiana, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi