Sri Ramadhani. MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak ramadhani, sri. 2018. mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di paud bunga melati desa tungkop kabupaten aceh besar. skripsi program studi pendidikan guru anak usia dini universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. amsal amri, m.pd (2) dra.yuhasriati, m.pd kata kunci : bermain peran, mengembangkan, kemandirian bermain peran adalah salah satu kegiatan yang secara langsung melibatkan anak untuk menjadi pemeran sesuai dengan tema dan tokoh yang dipilih anak serta diberikan atribut yang sesuai dengan tema yang dipilih. penelitian ini mengangkat masalah bagaimana perkembangan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di paud bunga melati desa tungkop kabupaten aceh besar. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak usia dini dengan melaksanakan kegiatan bermain peran di paud bunga melati desa tungkop kabupaten aceh besar. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan

Baca Juga : PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGONG SEURUNE DESA TUNGKOB KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Amalia Sari, 2019) ,

Baca Juga : MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (PUTRI AYURA, 2020) ,

dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di paud bunga melati tungkop aceh besar, berjumlah 10 orang terdiri atas 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. data dikumpulkan melalui hasil observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan prasiklus sebanyak 6 anak belum berkembang (bb), 2 anak mulai berkembang (mb), 2 anak yang berkembang sesuai harapan (bsh), dan belum ada anak yang berkembang sangat baik (bsb). pada tindakan siklus 1, anak yang mulai berkembang (mb) berjumlah 3 anak (25 %), anak yang berkembang sesuai harapan (bsh) berjumlah 3 anak (25 %), dan yang berkembang sangat baik (bsb) berjumlah 3 anak (25 %). pada tindakan siklus ii, anak mengalami perkembangan yang sangat baik dari siklus sebelumnya, anak yang berkembang sesuai harapan (bsh) berjumlah 2 anak (25 %), dan 8 anak (70 %) yang berkembang sangat baik (bsb). hasil akhir dari observasi dalam bermain peran terjadi perkembangan kemandirian anak sebanyak 70%. disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain peran dapat mengembangkan kemandirian anak usia dini pada paud bunga melati tungkop aceh

Tulisan yang relevan

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Madrisah, 2019) ,

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (RAHMAYENI TANJUNG, 2019) ,

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi